3 Atlet NPC Sumut Seleknas APG

MEDAN (Waspada): Pengprov NPC Sumatera Utara kembali mengirimkan tiga atletnya mengikuti seleksi nasional (Seleknas) atlet Pelatnas persiapan Asean Para Games (APG) 2020 di Filipina awal Januari mendatang.

3 Atlet NPC Sumut Seleknas APG
TIGA atlet NPC Sumut akan mengikuti Seleknas atlet APG 2020. (Waspada/Arianda Tanjung/B)

Seleknas akan dilaksanakan untuk cabor atletik di Stadion Universitas Negeri Semarang (UNS) pada 20-21 September. Ketiga atlet dimaksud adalah M Habil di nomor 100 dan 200 meter T13 putra, Familius nomor 800 dan 1500 T13 putra, Siti nomor tolak peluru T13 putri.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengungkapkan Seleknas yang dilaksanakan PB PCI merupakan kesempatan bagi atlet non Pelatnas menunjukkan kepada PB PCI bahwa mereka bisa dan layak masuk Pelatnas.

“Seleknas sistemnya terbuka, mereka yang lolos akan menggantikan atlet yang terdegradasi dari Pelatnas. Sistemnya atlet non Pelatnas diadu dengan atlet Pelatnas. Siapa yang unggul dia yang masuk Pelatnas,” ucap Alan, Senin (16/9).

Terkait peluang tiga atletnya, Alan mengatakan peluang mereka sangat terbuka lebar. Sebab, sebelum mengikuti Seleknas, mereka dipilih berdasarkan hasil pemantauan, baik dari hasil kejuaraan provinsi maupun laporan dari masing-masing pelatih.

“Dari hasil catatan, kita lihat limit mereka itu melalui Peparprovsu dan peningkatan prestasi sesuai dengan laporan masing-masing pelatih. Minimal mereka bisa bersaing dengan atlet Pelatnas sekarang atau bahkan bisa melampaui atlet Pelatnas,” ucapnya.

M Habil mengaku telah mempersiapkan diri dengan menjalani latihan keras sebelum mengikuti Seleknas. "Ini kesempatan sangat baik dan tidak akan saya sia-siakan. Walau pesaing di Pelatnas sangat banyak, saya optimis bisa lolos Seleknas,” ujar Habil. (cat/C)