15 Orang Ditetapkan Tersangka Bentrok Kelompok Pemuda

MEDAN (Waspada): 15 orang ditetapkan menjadi tersangka terkait bentrok yang melibatkan 2 organisasi kepemudaan (OKP) di Jl. HM Yamin Medan. 

15 Orang Ditetapkan Tersangka Bentrok Kelompok Pemuda
KASAT Reskrim AKBP Putu Yudha Prawira usai mengamankan pelaku bentrok yang diboyong ke Polrestabes Medan. Waspada/Rudi Arman

"Para tersangka kini diamankan di Mapolrestabes Medan," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Putu Yudha Prawira, Senin (12/8).

Dijelaskan, berdasarkan pantauan rekaman kamera pengintai (CCTV), dari 31 orang anggota OKP yang terpantau 15 diantaranya teridentifikasi berperan melakukan penyerangan terhadap anggota OKP lainnya. 

"Para tersangka yang diamankan yakni, AR, JM, JUL, DW, AM, AP, ARD, NC, RU alias R, AH, RT, RP, TH, MI dan BA," jelas AKBP Putu. 

Selain mengamankan para tersangka, petugas juga menyita barang bukti batu, kayu broti, pecahan botol, gagang sapu, pakaian, ponsel, rekaman CCTV dan proposal ke salah satu hotel.

Hasil penyelidikan, kata Kasat, peristiwa ini berawal saat anggota OKP sedang berada di salah satu hotel di Jl. HM Yamin Medan untuk menyampaikan proposal kepada pihak hotel. Namun, pada saat itu ada anggota OKP berbeda yang juga berada di hotel tersebut dan langsung menegur.

Tak senang karena ditegur supaya tidak memasukkan proposal ke hotel tersebut, mereka langsung memanggil teman-teman yang lainnya hingga berujung penyerangan.

Sebelumnya, bentrok antara dua kelompok pemuda (OKP) terjadi di Jl. HM Yamin Medan, Sabtu (10/8). Puluhan pemuda terlibat aksi saling lempar batu. Diduga, bentrokan ini terkait dengan sumbangan menjelang 17 Agustus. 

Kelompok pemuda yang kesal tidak diberi sumbangan, lalu melempari hotel yang berada di Jl. HM Yamin Medan. Kelompok pemuda lainnya yang melihat aksi pelemparan itu tak tinggal diam dan balas menyerang. Bentrokan pun tak terelakkan. (m39)