100 Anak Tapsel Lomba Mewarnai Orangutan Dan Harimau

TAPSEL (Waspada): Seratus anak sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dari Kec. Batangtoru, Sipirok dan Marancar, mengikuti perlombaan mewarnai gambar orangutan dan harimau yang diadakan delapan lembaga dan instansi di Kab. Tapanuli Selatan, Minggu (25/8).

100 Anak Tapsel Lomba Mewarnai Orangutan Dan Harimau
Seratus anak TK dari Kec. Batangtoru, Sipirok dan Marancar ikut lomba mewarnai gambar orangutan dan harimau di Tapsel. Waspada/Ist
100 Anak Tapsel Lomba Mewarnai Orangutan Dan Harimau

Kegiatan yang bertujuan mengenalkan satwa langka kepada generasi usia dini ini, diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Orangutan (19 Agustus) dan Hari Harimau (29 Juli) se-dunia.

Adapun delapan lembaga dan instansi yang menyelenggarakan lomba ini adalah PLTA Batangtoru, Pemkab Tapsel, BBKSDA, KPA Forester, Lintas Cakrawala, JAMM, SRIMPI dan Lembaga Sipirok Lestari.

Secara serentak, lomba ini digelar di tiga kecamatan. Untuk wilayah Batangtoru digelar di Gedung TK Lestari, untuk wilayah Sipirok dan Marancar diadakan di kantor camat masing-masing.

Gunawan, panitia lomba dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah III Padangsidimpuan mengatakan, kegiatan ini selain menumbuhkan rasa cinta juga untuk mengenalkan satwa langka kepada generasi muda sejak usia dini.

"Dengan harapan, setelah mereka tumbuh dewasa nanti, tidak lagi hanya tahu cerita tentang harimau dan orangutan. Tetapi bisa menginformasikannya ke masyarakat lain," harapnya.

Adapun kriteria penilaian lomba antara lain kebersihan mewarnai dan kerapian. Dua orang (juara satu dan dua) hasil seleksi penilaian akan menjadi wakil kecamatan masing-masing di tingkat final 29 Agustus 2019 mendatang.

"Bagi para juara akan diberikan hadiah dan piagam. Dalam tahap seleksi awal, seluruh peserta mendapatkan sertifikat dan buah tangan boneka orangutan dan harimau," kata Gunawan.

Terpisah, Camat Batang Toru Muhammad Yamin Batubara, Camat Marancar Arman Pasaribu, dan Camat Sipirok Sardin Hasibuan, sama-sama mengapresiasi pelaksanaan lomba ini.

"Selain menumbuhkembangkan bakat mewarnai (seni) juga diharapkan kelak memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap flora dan fauna, khususnya di wilayahnya masing-masing," harap mereka. (a27)