10 Klub Tembus 12 Besar Liga 3 Aceh

BANDA ACEH (Waspada): 10 klub dari empat grup melaju ke putaran kedua atau babak 12 Besar Liga 3 Asprov PSSI Aceh. Sedangkan empat tim harus melakukan play-off untuk bisa meraih dua tiket tersisa.

10 Klub Tembus 12 Besar Liga 3 Aceh

Hal itu disampaikan Sekum Asprov PSSI Aceh, Nazaruddin, Sabtu (17/8), menyusul berakhirnya babak penyisihan Grup A di Stadion Langsa, Jumat (16/8) sore yang sekaligus menandai berakhirnya putaran I Liga 3 Asprov PSSI Aceh.
 

Ke-10 klub yang lolos ke putaran II atau babak 12 Besar adalah Persidi Idi, PS Peureulak Raya, PSBL Langsa (juara 1, 2, 3 Grup A). Peusangan Raya FC, Persip Pase (juara dan runner-up Grup B). Persal Aceh Selatan, PSGL Gayo Lues, Persada Abdya (juara 1, 2, 3 Grup C), PSAB Aceh Besar, Persimura Beureunun (juara dan ranner-up Grup D).
 

Empat klub lain yang akan menjalani play off untuk mendapatkan dua tiket tersisa adalah PSKBS Kuta Binjai (peringkat 4 Grup A), PSLS Lhokseumawe (peringkat 3 Grup B), Persilatama Aceh Tengah (peringkat 4 Grup C), dan PSAP Sigli (peringkat 3 Grup D).
 

Nazaruddin menjelaskan, sesuai hasil keputusan rapat Exco Asprov PSSI Aceh, 9 Agustus 2019 bahwa putaran II Liga 3 PSSI Aceh 2019 akan dilanjutkan dengan format babak 12 Besar yang dibagi dalam dua grup (Grup E dan Grup F) yang masing-masing berisikan 6 tim, dengan pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi.
 

Disebutkan, babak play off digelar di Lapangan Sintetis Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (25/8). Sehari sebelum play off lebih dulu dilakukan technical meeting sekaligus drawing atau penentuan tim yang saling bertanding. "Empat klub itu akan bertanding menggunakan sistem gugur. Dua klub yang menang otomatis ke 12 Besar," katanya.
 

Pertandingan 12 Besar akan digelar mulai 1 September 2019 dan technical meeting dilakukan Senin (26/8). Penentuan untuk klub masing-masing Grup E dan F akan dilakukan melalui drawing saat technical meeting.
 

Menurut dia, mengenai tempat digelarnya pertandingan babak 12 Besar, setiap tim dapat mengajukan diri menjadi tuan rumah. "Namun begitu, penentuan tuan rumah akan dibahas dan diputuskan Asprov PSSI Aceh," jelas Nazaruddin. (b04)