MUI: Bolu Meranti Belum Penuhi Syarat Standar Jaminan Halal 

MEDAN (Waspada): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut mengaku bahwa produk Bolu Meranti belum memenuhi syarat standar jaminan halal. Karena itu, MUI belum mengeluarkan sertifikasi halal untuk produk tersebut. 

MUI: Bolu Meranti Belum Penuhi Syarat Standar Jaminan Halal 
BEBERAPA pengunjung tampak hendak memasuki toko Bolu Meranti di Jl. Kruing Medan. Waspada/Ronggur Simorangkir

Pernyataan itu disampaikan Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut Prof. Dr. Ir. Basyaruddin MS, saat ditanya Waspada, Senin (15/7).

Sebelumnya diberitakan, masyarakat mulai meragukan kehalalan Bolu Meranti. Pasalnya tidak ditemukan lagi label halal di kotak Bolu Meranti, seperti yang selama ini ada. Malah karyawan di toko Bolu Meranti juga mengaku tidak tahu tentang tidak ditempelkannya lagi label halal di kemasan.

Menanggapi hal ini, Direktur LPPOM MUI Sumut Basyaruddin, mengaku pihaknya belum ada mengeluarkan sertifikasi halal untuk Bolu Meranti, meskipun pengajuan label halal tersebut sudah diajukan pada April 2019. 

"Mereka ada mengurus ke MUI Sumut, tapi sampai hari ini belum ada dikeluarkan sertifikat halalnya. Karena mereka (pengusaha Bolu Meranti) belum memenuhi standar jaminan halal yang kami minta," ujar Basyaruddin.

Menurut Basyaruddin, manajemen Bolu Meranti mengajukan pengurusan label halal pada tiga bulan yang lalu. Tapi karena ada hal yang belum mereka penuhi dan sempurnakan untuk perlengkapan halal tersebut, makanya rekomendasi sertifikat belum dikeluarkan. 

"Hal-hal itu sangat teknis dan harus dilengkapi. Halal itukan banyak syaratnya, apalagi mereka non muslim, jadi harus kita perketat, agar produk yang dihasilkan benar-benar terbebas dari kontaminasi hal yang tidak halal," katanya. (cyn)

BERITA SEBELUMNYA: 

Bolu Meranti Diragukan Tidak Halal