Masyarakat Bireuen Diimbau Waspadai Banjir

BIREUEN (Waspada): Masyarakat di Bireuen terutama kecamatan rawan terjadi banjir dan longsor, diimbau tetap waspada dari kemungkinan terjadinya banjir, sebab saat ini sudah mulai musim hujan. Demikian Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Bireuen, Sudirman, ditanyai wartawan terkait mulai seringnya turun hujan dan kondisi cuaca, Rabu (9/10) siang juga sedang mendung.

Masyarakat Bireuen Diimbau Waspadai Banjir
Cuaca langit mendung di kawasan Kota Bireuen, Rabu (9/10) sore. Waspada/Abdul Mukthi  Hasan

Dikatakan, ada beberapa kecamatan sering terjadi banjir karena berbagi faktor, seperti saluran sempit dan juga luapan air sungai serta rawan longsor karena dekat dengan perbukitan.


Daerah rawan banjir di Bireuen, Kecamatan Gandapura, Makmur, Peusangan Siblah Krueng, Peusangan Selatan, Juli, Peudada, Jeunieb, Pandrah, Simpang Mamplam.


Sebagai langkah mencegah terjadi banjir, Kalaksa BPBD Bireuen juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mengelar gotong royong, membersihkan saluran tersumbat untuk melancarkan aliran air.


Tim BPBD Bireuen juga terus memantau informasi dari sejumlah kecamatan karena saat ini musim penghujan. Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan banjir diminta tetap waspada terhadap kemungkinan banjir, sebutnya. (cb02/B).