Kiky Zulfikar, Mantan Atlet Sepatu Roda Yang Suka Sepakbola 

MEDAN (Waspada): Kiky Zulfikar, SSos, MSi (foto) merupakan mantan atlet sepatu roda Sumatera Utara yang suka dengan sepakbola. Ini ditunjukkannya dengan turut bergabung sebagai pengurus, tepatnya bendahara di Asosiasi Kota (Askot) PSSI Medan periode 2019-2024.

Kiky Zulfikar, Mantan Atlet Sepatu Roda Yang Suka Sepakbola 
Kiky Zulfikar, Mantan Atlet Sepatu Roda Yang Suka Sepakbola.  Waspada/Arianda Tanjung

Kiky mengakui, jika kesukaannya kepada sepakbola sudah ada sejak belasan tahun silam. Hanya saja memang baru saat ini dirinya memiliki kesempatan untuk terjun langsung sebagai pengurus organisasi sepakbola.


“Saya senang dengan sepakbola meski olahraga yang digeluti adalah sepatu roda. Bila dulu hanya sebatas melihat sebagai penonton, saat ini diberi kesempatan untuk memberikan kontribusi berupa ide dan gagasan dalam membangun sepakbola khususnya di Kota Medan,” kata pria yang sukses menyabet medali emas pada Kejurnas Sepatu Roda di Jakarta tahun 1994 silam, Sabtu (24/8).


Dirinya mengaku telah banyak program yang dipersiapkan sebagai upaya membangun sepakbola di Medan melalui Askot PSSI Medan. Diantaranya dengan terus menggalakkan turnamen kelompok umur serta memberikan pelatihan kepada para pengurus SSB di bawah naungan Askot Medan, yang saat ini jumlahnya kurang lebih 25 SSB.


“Lalu, Askot Medan juga berencana akan memberikan bantuan seperti bola dan lainnya kepada SSB di Medan. Dan memang saya secara pribadi memiliki keinginan, setiap tahunnya dapat lahir para pesepakbola muda berprestasi dari Medan,” harap Kiky yang juga Kabid Sarana Prasarana Dispora Medan serta Wakil Ketua IPK Sumut ini.


Lanjut Kiky, sepakbola merupakan olahraga yang disukai semua kalangan. Makanya sepakbola dinilai bisa menjadi cara ampuh untuk menghindari generasi muda dari hal-hal yang negatif seperti narkoba.


“Makanya semangat generasi muda untuk bermain sepakbola harus didukung, diantaranya dengan banyaknya digelar turnaman atau kompetisi. Bahkan saat ini sepakbola bukan hanya digemari kaum adam saja, tapi juga hawa yang dibuktikan dengan sudah adanya Timnas sepakbola wanita,” tutup Kiky yang merupakan fans klub asal Inggris, Manchester United. (Cat/C)