Ketua PKK Langkat Hadiri Peringatan HPS Dan HKP 

LANGKAT (Waspada): Ketua TP PKK Langkat, Ny Tiorita Terbit Rencana, menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 dan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tahun 2019 tingkat Provsu yang dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, di Lapangan Merdeka, Medan, Rabu (9/10)

Ketua PKK Langkat Hadiri Peringatan HPS Dan HKP 
Ketua TP PKK Langkat, Ny Tiorita Terbit Rencana memperlihatkan hasil makanan olahan ibu-ibu PKK Langkat kepada Gubsu. Waspada/Ist

Gubsu di acara tersebut menyapaikan harapannya, agar ke depan dunia pertanian Sumut dapat mencukupi pasokan sandang pangan warga Sumut sendiri, mulai dari beras, palawija dan seluruh hasil pertanian lokal lainnya, sehingga tidak lagi tergantung dari negara lain atau import.

Kepada pertenak Sumut, Gubsu juga berharap dapat bangkit, dengan mampu memenuhi kebutuhan daging di pasar Sumut. “Pertanian dan pertenakan Sumut harus bangkit dan mencukupi kebutuhan Sumatera, jika perlu dapat menjadi swasembada pangan nasional,” harapnya.

Untuk mencapai tujuan itu, Gubsu berjanji akan berupaya membantu memenuhi serta menyelesaikan berbagai kendala di dunia pertanian dan peternakan Sumut. Pada kesempatan itu, Gubsu menyerahkan bantuan kepada kelompok tani dan peternak.

Gubsu juga memberikan penghargaan Adikarya Pangan Nusantara tingkat Provsu kepada pembina ketahanan pangan tingkat desa dan kelurahan di Sumut, serta penghargaan lainnya kepada penyuluh pertanian.

Usai acara, Ketua PKK Langkat mengajak Gubsu dan Ketua beserta Wakil Ketua PKK Provsu untuk melihat stan B2SA Dinas Pertanian Langkat yang menampilkan beragam makanan dan minuman yang aman dan bergizi hasil dari olahan PKK Langkat dan pertanian Langkat.

Kemudian Ketua PKK yang didamping Kadis Pertanian Nasirudin SP beserta pengurus TP PKK  dan staf Dinas Pertanian Langkat, mengatakan, Langkat akan berupaya sekuat tenaga untuk berkontribusi meningkatkan dunia pertanian dan pertenakan di Sumut. “Kami akan bergotong-royong untuk mencapai peningkatan hasil tani dan ternak," kata Ny Tiorita. (a02/a05)